Pusilkom Agile Unified procesS

                                            Enterprise Computing Lab - Fakultas Ilmu Komputer UI

                                                                                                                        

Pusilkom Agile Unified procesS (PAUS) adalah metodologi pengembangan piranti lunak (software). PAUS merupakan serangkaian disiplin dalam menentukan tugas dan tanggung jawab komponen organisasi pengembang software. Dengan panduan PAUS, tim pengembang dapat lebih efisien dalam menghasilkan produk software yang berkualitas, memenuhi kebutuhan klien secara tepat waktu dan tepat anggaran.

PAUS memiliki framework dua dimensi untuk pengembangan software secara iterative incremental. 

Setiap fase terdiri dari satu atau lebih iterasi yang merupakan tahapan lebih rinci untuk mencapai target dari setiap fase. Terlihat dari 'gunungan' dalam gambar, bobot masing-masing disiplin bervariasi seiring perjalanan waktu. Misal, di tahapan iterasi awal bobot aktivitas banyak difokuskan pada requirements, sedangkan di iterasi akhir lebih banyak aktivitas di implementation. Hampir di setiap iterasi ada aktivitas test untuk menguji release yang dihasilkan dalam iterasi tersebut, demikian pula project management yang selalu berperan dalam setiap iterasi sepanjang siklus pengembangan.

Dokumen ini memaparkan tahapan dan aktifitas komponen organisasi dalam kerangka PAUS yang telah disusun sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan dan untuk dijadikan standar pengerjaan proyek IT di Pusat Ilmu Komputer (Pusilkom) UI.  PAUS mengadopsi sebagian proses dari Rational Unified Process (RUP), terinspirasi oleh Agile Unified Process (AUP) dan merupakan evolusi dari Pusilkom AUP versi 2.2.2.

Referensi:

1. Get a Quick Start with RUP