PAUS Lifecycle

Seiring perjalanan waktu, siklus pengembangan software dibagi menjadi empat fase secara sekuensial, masing-masing diakhiri dengan sebuah major milestone. Evaluasi dilakukan pada setiap akhir fase untuk menentukan apakah target dari setiap fase telah dicapai. Jika hasil evaluasi memuaskan, maka proses bisa dilanjutkan ke fase berikutnya.

Merencanakan Fase

Masing-masing fase memiliki konsekuensi effort dan schedule yang dialokasikan dalam fase tersebut. Meskipun realisasinya bergantung pada karakteristik proyek, siklus awal untuk proyek berskala sedang pada umumnya memiliki distribusi seperti berikut:

  Inception Elaboration Construction Transition
Effort ~5% 20% 65% 10%
Schedule 10% 30% 50% 10%

Atau dapat digambarkan sebagai berikut:

Untuk siklus pengembangan lanjutan (evolutif), fase inception dan elaboration biasanya akan jauh lebih kecil. Dengan pengalaman dan familiarisasi tools, beberapa porsi effort di fase construction dapat diotomatisasi sehingga effort-nya dapat dikurangi, bahkan bisa menjadi lebih kecil dibandingkan effort gabungan inception dan elaboration.

Setelah sekali melalui keempat fase dalam siklus pengembangan; setiap siklus melalui keempat fase menghasilkan sebuah generation dari software. Kecuali jika produk "mati", software akan berevolusi ke generasi berikutnya dengan mengulang urutan yang sama melalui fase inception, elaboration, construction dan transition, namun dengan penekanan yang berbeda pada masing-masing fase. Siklus berikutnya ini yang disebut dengan siklus evolusi. Setiap kali produk melintasi beberapa siklus, generasi baru dihasilkan.

Siklus evolusi dapat dipicu oleh penyempurnaan yang disarankan oleh user, perubahan user context, perubahan pada teknologi, reaksi dari competitor dan sebagainya. Siklus evolusi biasanya memiliki fase Inception dan Elaboration yang jauh lebih singkat, karena definisi produk dasar dan arsitektur telah ditentukan oleh siklus penembangan yang mendahului. Pengecualian atas 'rule' ini adalah siklus evolusi dimana diperlukan definisi ulang produk dan arsitektur secara signifikan.